Membuat Peta Konsep di Word Menjadi Lebih Menarik? Begini Caranya!

Cara Membuat Peta Konsep di Word

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, apakah kamu sedang mencari informasi untuk membuat peta konsep di Word agar tampilanya lebih menarik?

Jika benar, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat!

Karena mimin akan berbagi tips buat kalian semua terkait bagaimana cara membuat peta konsep pada Microsoft Word dengan mudah.

Jika kamu mengetahui cara ini, maka kamu tidak perlu lagi mengunakan aplikasi mind mapping sebagai sarana menyampaikan informasi bercabang ke dalam bentuk visual.

Umumnya peta konsep ini menggunakan diagram yang digambar untuk menjelaskan topic atau ide sentral.

Dengan begitu ianya menjadi salah satu cara efektif untuk mempelajari dan memahami sebuah materi serta untuk membuat suatu perencanaan dengan lebih detail.

Makanya cara membuat peta konsep melalui Microsoft Word ini sangat penting untuk kamu pelajari, baik dalam dunia bisnis, pendidikan, atau bidang lainnya.

Terdapat 2 cara yang bisa kamu coba untuk membuat peta konsep pada Microsoft Word, yaitu dengan menggunakan SmartArt dan secara manual.

Nah, untuk penjelasannya lebih lanjut, kamu bisa simak artikel berikut hingga tuntas.

Cara Membuat Peta Konsep di Word dengan Mudah

Cara Membuat Peta Konsep di Word dengan Mudah

Seperti yang kita ketahui bahwa, Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang salah satu fungsinya adalah untuk membuat peta konsep secara gratis.

Peta konsep sendiri merupakan gabungan dari beberapa ide untuk menyampaikan tema atau topic secara hirarki dalam bidang 2 dimensi.

Dengan bantuan Microsoft Word, kamu juga bisa membuat peta konsep atau peta pikiran yang menarik dengan cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Terdapat dua cara mudah untuk membuat peta konsep melalui Word ini, antara lain sebagai berikut:

  1. Menggunakan grafik SmartArt
  2. Secara Manual

Apabila kamu ingin membuat peta konsep pada Word dengan dua metode yang sudah mimin sebutkan tersebut, maka kamu tinggal ikuti panduan berikut ini:

1. Buka Microsoft Word pada Laptop atau PC

Langkah pertama, kamu bisa membuka Microsoft Word pada desktop PC atau laptop kamu. Setelah itu pilih halaman kosong.

Selanjutnya, silakan kamu gunakan bentuk dasar atau memilih opsi grafik SmartArt. Dengan demikian, kamu bisa membuat rancangan peta konsep pada Microsoft Word.

2. Mulai Menggambar Peta

Nah, sebelum menyusun peta konsep, maka kamu harus memiliki konsep sentral dalam pikiran terlebih dahulu.

Baru kemudian kamu identifikasi elemen kunci dari peta konsep tersebut serta bagaimana kaitannya satu sama lain.

Sekilas Tentang SmartArt

Sebagai informasi, SmartArt memiliki berbagai template yang bisa kamu gunakan untuk membuat peta konsep, struktur organisasi, dan kebutuhan lainnya.

Nah, dengan berbagai template yang tersedia ini, maka kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat  berbagai pembuatan struktur konsep yang digambarkan secara visual.

Adapun cara untuk membuat peta konsep dengan menggunakan SmartArt juga tergolong mudah.

Untuk penjelasan lebih detailnya kamu bisa simak ulasan berikut ini!

Membuat Peta Konsep dengan SmartArt

Membuat Peta Konsep dengan SmartArt
  1. Silakan kamu asuk ke halaman baru Microsoft Word.
  2. Kemudian pilih menu tab Insert, Pilih SmartArt pada kelompok Illustrations untuk masuk ke SmartArt Graphic.
  3. Jika sudah, pilih Hierarchy lalu kamu pilih template yang tersedia sesuai keinginan. Kemudian klik Ok dan peta konsep sudah ada.
  4. Selanjutnya, jangan lupa kamu pilih kertas tipe Landscape, karena biasanya peta konsep orintasi kertasnya adalah horizontal. Atau bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dari peta konsep milikmu. Caranya: silakan kamu Masuk ke Page Layout, lalu pilih Orientation dan pilih Landscape.
  5. Setelah itu, silakan kamu isi poin-poin peta konsep pada bagian samping kiri kolom Type your text here, atau bisa juga langsung pada bagian dalam kotaknya.

Jika sudah, berarti template untuk peta konsep sudah selesai kamu lakukan.

Selanjutnya, untuk mulai mengisi poin-poin materi pada peta konsep, kamu ikuti saja langkah-langkah berikut.

Biasnaya setiap poin materi kamu bisa menggunakan Enter dan Tab.

Atau kamu juga bisa merubah posisi dengan klik kanan lalu pilih Promote, Demote, Move Up, Move Down dan sesuaikan saja posisi poin tersebut. Selesai.

Cara Membuat Peta Konsep Secara Manual

Adapun untuk membuat peta konsep dengan cara manual ini memang agak sedikit ribet.

Pasalnya kamu harus memilih sendiri kotak kolom dan membuat garis konektornya secara manual dengan memilih jenis garis lalu menarik ke setiap kotak kolom tersebut.

Namun, jika menggunakan cara atau metode ini, maka kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin untuk membuat peta konsep sesuai keinginanmu.

Adapun panduan atau langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat peta konsel secara manual adalah sebagai berikut:

  1. Silakan kamu masuk ke tab menu Insert, lalu pilih Shapes.
  2. Dari sini kamu bisa memilih Shapes yang kamu inginkan seperti trapesium, ouval, hexagon dan lainnya. Kamu bahkan bisa membedakan shapes untuk setiap poin kolomnya.
  3. Jika sudah selesai membuat setiap kolom, selanjutnya gunakan lines untuk menghubungkan antara poin kolom tersebut, kemudian tarik ke urutan kolom supaya bisa saling terhubung.

Metode yang kedua ini memang cukup ribet dan memakan waktu, namun kamu bisa lebih menampilkan kreativitas dan mengasah skill mu ketika membuatnya.

Karena membuatnya secara manual, maka kamu harus merapikan tata letak dan posisi setiap kolom yang kamu buat supaya terlihat lebih rapi.

Akhir Kata

Nah, demikianlah informasi singkat yang bisa mimin rangkum buat kalian terkait cara membuat peta konsep melalai Microsoft Word dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu semua ya. Selamat mencoba guys!

Jangan lupa baca juga artikel berikut ini sebagai informasi tambahan: