5+ Cara Membuat Aplikasi Android di Eclipse, Paling Mudah!

Cara Membuat Aplikasi Android di Eclipse
Cara Membuat Aplikasi Android di Eclipse

Swarariau.com, Tutorial -- Android menjadi salah satu jenis sistem operasi yang terpasang pada smartphone masa kini.

Nah, Di dalam HP Android banyak terpasang aplikasi-aplikasi perangkat lunak untuk mendukung kinerja ponsel. Namun sebelumnya, apakah kamu mengetahui cara membuat aplikasi?

Biasanya, aplikasi Android dibuat oleh para tenaga IT yang mahir pemrograman. Sebagian besar ahli IT harus dituntut untuk kreatif dan teliti dalam menyusun pemrograman aplikasi android.

Namun, Bagi kamu yang masih pemula dengan dunia pemrograman aplikasi Android, pastinya akan semakin penasaran dengan cara pembuatannya.

Kamu perlu melalui tahap demi tahap pembuatan aplikasi Android baik dengan komputer maupun dengan smartphone.

Nah, pada artikel kali ini admin bakal ngajarin kamu cara membuat aplikasi Android di eclipse. Untuk penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Eclipse

Eclipse
Eclipse

Eclipse merupakan salah satu platform yang telah dirancang untuk membangun berbagai aplikasi yang dapat terintegrasi seperti website, mobile dan lain sebagainya. 

Eclipse bersifat open sourse yang biasanya digunakan untuk mengambangkan aplikasi berbasis java yang memungkinkan pengembang software untuk menciptakan lingkungan pengembangan yang disesuaikan (IDE).

Kamu dapat mengembangkan dan mempelajari platform ini jika mengikuti kursus Android dimanapun kamu berada.

Nah, beriktu ini langkah-langkah cara membuat aplikasi Android di Eclipse.

Siapin Bahan-Bahannya

Pertama-tama, sebelum mulai bikin aplikasi, kamu harus siapin bahan-bahannya dulu. Nah, bahan-bahan yang kamu butuhin biasanya:

  • Komputer yang udah terinstal Eclipse.
  • Android SDK (Software Development Kit).
  • JDK (Java Development Kit).
  • Dan pastinya, ide kreatif buat aplikasi yang mau kamu bikin

Buka Eclipse

Langkah pertama yang harus kamu lakukan buat mulai ngodein aplikasi Android di Eclipse adalah buka Eclipse itu sendiri. Eclipse bakal jadi tempat di mana kamu bakal ngebuat kode-kode keren buat aplikasi Android kamu.

  • Biasanya, kalau kamu udah berhasil install Eclipse di komputer, pastiin ada shortcutnya di desktop atau bisa juga di Start Menu. Tinggal klik aja shortcutnya.
  • Kalau kamu gak nemu shortcutnya, kamu juga bisa buka Eclipse langsung dari folder instalasinya. Biasanya, Eclipse diinstall di folder yang lu tentuin sendiri saat proses instalasi. Cari aja folder tersebut dan cari file yang namanya "eclipse.exe" atau "eclipse" tanpa ekstensi.
  • Kalau udah nemu file eclipse.exe atau eclipse, tinggal double-click aja. Ntar Eclipse bakal mulai loading dan siap buat kamu mulai coding.
  • Setelah kamu buka Eclipse, tunggu aja beberapa saat sampe proses loadingnya selesai. Biasanya bakal ada splash screen yang muncul dulu sebelum masuk ke tampilan utama Eclipse.
  • Kalau udah masuk ke tampilan utama Eclipse, berarti kamu udah siap ngecode. Sekarang tinggal pilih proyek yang mau kamu buka atau buat proyek baru buat ngodein aplikasi Android kamu.

Nah, gitu deh cara buka Eclipse. Gampang banget kan? Sekarang kamu udah siap buat mulai ngodein aplikasi Android dengan Eclipse. Ayo, langsung buka dan mulai coding.

Koding

Sekarang, saatnya yang seru-seruan kamu bakal mulai ngodein aplikasi Android di Eclipse. Siap-siapin jari-jari kamu, karena sekarang kamu bakal mulai bikin kode-kode keren buat aplikasi.

Pertama-tama, pastiin kamu udah buat proyek baru di Eclipse. Kalo belum, tinggal klik "File" -> "New" -> "Android Project". Ntar kamu kasih nama proyeknya dan ikuti langkah-langkahnya sampe proyek kamu jadi.

Setelah proyek dibuat, sekarang buka file XML yang nantinya bakal jadi layout aplikasi kamu. Biasanya, file XML ini ada di folder "res" -> "layout". Tinggal double-click aja file XML-nya buat buka.

Di file XML ini, kamu bisa desain layout aplikasi kamu sesuai keinginan. Kamu bisa atur posisi, warna, ukuran, dan semua elemen-elemen yang bakal ada di aplikasi kamu.

Kalau gak terlalu paham XML, gak masalah, kamu bisa pake Design View di Eclipse buat bantuin kamu desain.

Setelah selesai desain layout, sekarang waktunya buat mulai koding di file Java. File Java ini biasanya ada di folder "src" -> "package_name" -> "MainActivity.java" atau nama file Java sesuai dengan activity yang kamu bikin.

Di file Java ini, kamu bakal tulis logic aplikasi kamu. Mulai dari handle user input, proses data, sampe tampilin data ke layout yang udah kamu buat tadi. Jangan lupa buat kasih komentar di kode kamu biar lebih mudah dipahami sama kamu atau programmer lain yang baca kode kamu.

Setelah selesai koding, sekarang waktunya buat testing aplikasi kamu, kamu bisa testing aplikasi langsung di emulator yang ada di Eclipse atau bisa juga testing di device Android kamu sendiri.

Nah, gitu deh cara koding aplikasi Android di Eclipse, Gak terlalu sulit kan? Jadi, sekarang tinggal kamu mulai ngecode dan bikin aplikasi Android yang keren.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang bisa admin rangkum buat kamu tentang cara membuat aplikasi Android di eclipse

Nah, Sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk membuat aplikasi Android di eclipse

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selama mencoba!