3+ Cara Mengetahui Android Sudah di Root Atau Belum, Tanpa Ribet!

Daftar Isi
Cara Mengetahui Android Sudah di Root Atau Belum
Cara Mengetahui Android Sudah di Root Atau Belum

Swarariau.com, Tutorial -- Root merupakan proses yang memungkinkan kalian bisa melakukan kontrol lebih tinggi pada perangkat Android.

Mungkin kamu penasaran apakah perangkatmu sudah di-root atau belum. Memeriksa status root pada perangkat Android sebenarnya cukup mudah dan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara.

Nah, bagi kamu yang membeli hp second atau bekas, maka penting sekali cara mengetahui hp sudah di root. Dengan proses rooting, bisa memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam hal pengaturan sistem yang tidak biasa.

Ada banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk mengecek perangkat Android tersebut sudah dilakukan rooting atau belum.

Untuk kamu yang belum tahu caranya, silahkan simak penjelasan selengkap ini ya!

Cara Mengetahui HP Sudah di Root

Nah, Sebelum admin membahas lebih jauh tentang cara mengetahui hp sudah di root, kamu wajibtahu keuntungan yang didapat jika melakukan root hp.

Setiap kali kamu membeli hp Android, kamu mungkin merasa kesal ketika hp memiliki aplikasi bawaan yang terlalu banyak dan tidak dapat dihapus. 

Sebagai solusinya, kamu dapat melakukan root perangkat agar dapat menghapus beberapa aplikasi bawaan ponsel.

Dengan menghapus aplikasi tersebut bisa membuat memori perangkat android kamu lebih lega. 

Root bisa memberikan akses lebih bagi penggunanya untuk mengubah sistem di dalamnya dengan sangat mudah. 

Nah, bagi kamu yang ingin mengecek apakah hp sudah dilakukan root atau belum, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan baik tidak menggunakan aplikasi ataupun menggunakan aplikasi.

Untuk pejelasan selengkapnya berikut ini.

Menggunakan Aplikasi Pemeriksa Root

Ada beberapa aplikasi yang dibuat khusus untuk memeriksa apakah perangkat Android sudah di-root atau belum.

Aplikasi tersebut biasanya mudah digunakan dan dapat memberikan hasil yang akurat salah satunya Root Checker.

Root Checker merupakan salah satu aplikasi pemeriksaan root paling populer. Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengunduh dan menginstall aplikasi ini dari Google Play Store.

Setelah itu, buka aplikasi dan klik tombol Verify Root. Jika perangkatmu telah di-root, kamu akan melihat pesan yang mengonfirmasi hal tersebut.

Selain aplikasi Root Checker kamu juga bisa menggunakan aplikasi Root Verify salah satu Aplikasi yang berfungsi sama seperti Root Checker.

Setelah mengunduh dan membuka aplikasi, kamu hanya perlu menekan tombol Check untuk memeriksa status root perangkatmu.

Melalui Pengaturan HP

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah buka menu Pengaturan di HP kamu. Biasanya, ikon pengaturan ini ada di layar utama HP kamu atau di laci aplikasi. Kalau udah nemuin, tinggal tap aja ikonnya buat masuk ke menu pengaturannya.

Setelah masuk ke menu pengaturan, kamu perlu cari opsi yang berhubungan dengan informasi tentang HP kamu.

Biasanya, opsi ini ada di bagian bawah menu pengaturan, dan namanya bisa berbeda-beda tergantung merk HP kamu . Coba cari yang namanya Tentang Ponsel atau Informasi Perangkat.

Setelah kamu masuk ke menu Tentang Ponsel atau yang sejenisnya, cari aja opsi yang ngasih tau tentang status root HP kamu. Biasanya, tulisan ini ada di bagian bawah atau tengah menu, tergantung versi Android dan tampilan antarmukanya.

Melalui Terminal atau ADB

Ini merupakan metode yang sedikit lebih teknis dan biasanya digunakan oleh pengguna yang lebih berpengalaman.

Dengan menggunakan terminal atau ADB, kamu bisa memeriksa status root dengan memasukkan perintah tertentu.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Terminal Emulator dari Play Store. Setelah terinstal, buka aplikasi dan ketik ‘su’ (superuser). Jika terminal mengembalikan prompt baru tanpa pesan error, berarti perangkatmu telah di-root.

Untuk metode ini, kamu perlu menghubungkan perangkatmu ke PC dan menjalankan ADB. Dalam jendela command prompt, ketik ‘adb shell’ lalu ‘su’. Jika kamu melihat simbol #, berarti perangkatmu telah di-root.

Kerugian Penggunaan Android Yang Sudah Di Root

Garansi sangat berguna supaya memperoleh perbaikan gratis, jika ponsel mengalami kerusakan sebelum masa aktif garansi habis.

Namun kalau HP sudah di root, dengan sekitar garansi yang masih aktif akan hilang. Jadi, kalau mau melakukan root lebih baik jika masa garansinya sudah habis.

HP yang di root secara tidak langsung akan membuat ponsel cepat panas. Efek ini akibat dari Custom ROM untuk meningkatkan performa ponsel, sehingga sistem pada HP itu sendiri semakin berat.

Ini yang paling penating, HP yang sudah di root memiliki potensi terkena virus lebih besar bila dibandingkan yang belum.

Pasalnya, sistem keamanan bawaan menurun dan longgar, sehingga membuat virus gampang masuk.

Dalam hal ini, cara mengetahui Android sudah di root sangat mudah sekali dilakukan. Pasalnya, sudah banyak sekali aplikasi yang bisa untuk mengecek.

Akhir Kata

Nah, demikianlah penjelasan singkat yang bisa admin rangkum buat kamu terkait ccara mengetahui Android sudah di root atau belum

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika kamu sedang mengalami masalah tersebut.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys!