Cara Dapat Subsidi Kuota Internet Gratis Tahun 202 Dari Kemendikbud, Cek Laman ini

Bantuan Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021
Bantuan Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021


Swarariau.com, Jakarta -- Situasi Pendidikan tanah air belum bisa mengadakan proses pembelajaran tatap muka seperti biasanya dikarenakan Pandemi Covid 19 yang juga belum berakhir.

Dalam keadaan Pandemi ini, proses pembelajaran belum bisa seperti biasanya dan harus tetap menjalankan sistem pembelajaran via daring.

Pada beberapa waktu sebelumnya Kemendikbud memang sudah menjalankan kebijakan ini selama masa pandemi.

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga dan membantu memutuskan rantai virus corona yang selama ini telah mewabah dunia, termasuk Indonesia.

Seiring dengan diberlakukan pembelajaran daring, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat program Subsidi Kuota Internet Gratis guna menyokong berjalannya kebijakan pembelajaran secara daring ini.

Bagaimana dengan tahun 2021 ini?

Apakah Program Subsidi Internet Gratis ini masih diberlakukan?

Pantauan kami dari beberapa sumber menyatakan bahwa Pemerintah akan melanjutkan program subsidi kuota internet gratis pada tahun 2021. Ini merupakan kemudahan untuk mendukung sistem belajar via daring tersebut.

Bantuan Internet Gratis ini masih akan diberikan kepada para guru, siswa, dosen dan mahasiswa pada tahun 2021.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Naim menyatakan alasan subsidi kuota internet gratis berlanjut karena sebagian sekolah dan perguruan tinggi masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Tahun 2021 alokasi kuota internet masih akan dilanjutkan. Namun tentu akan berusaha untuk menempuh dengan cara lebih baik," ujar Ainun dikutip PotensiBisnis.com dari PMJ News.

Diharapkan masyarakat dapat terbantu dengan adanya bantuan kuota internet gratis. Respon positif tahun lalu juga membuat program ini tetap dijalankan di 2021.

Hanya saja, distribusi kuota akan tetapi dengan mekanisme yang sedikit berbeda.

"Sedang dirumuskan besaran dan cakupannya seperti apa. Karena ada perkembangan penyelesaian pandemi Covid-19, ini alternatif pelaksanaan pembelajaran dari rumah," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendikbud, Nadiem Makarim telah mengupayakan anggaran sebesar Rp7,2 triliun untuk distribusikan kuota gratis dengan besaran mulai 35 GB sampai 50 GB pada periode September-Desember 2020.

Jenis subsidi kuota gratis ada dua yaitu kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses semua halaman dan aplikasi.

Sementara kuota belajar yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran seperti https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Adapun cara untuk mendapatkan subsidi kuota internet gratis pada tahun 2021 adalah dengan menghubungi lembaga pendidikan yang menaungi siswa, guru, atau mahasiswa masing-masing.

Menurut Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie menyebutkan bahwa Menteri Keuangan (Menkeu) telah mengatakan bantuan kuota internet diteruskan pada tahun 2021 ini.

“Pak Presiden Jokowi juga meminta kepada Kemendikbud program bantuan kuota gratis ini dilanjutkan. Terkait teknis kuota gratis masih akan dibahas bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, bersama semua kalangan lainnya,” ujarnya dikutip dari portalsulut.


Sumber: Pikiran-rakyat.com