Tutorial Cara Menghitung SPSS Dengan Mudah, Tuntaskan Penelitian Kamu!

Cara Menghitung SPSS
Cara Menghitung SPSS

Berikut ini merupakan beberapa Langkah Mudah dan cara Menghitung SPSS yang paling sederhana untuk kamu lakukan!

Swarariau.com, Tutorial menghitung -- Apabila kita tengah membuat sebuah penelitian, kemudian membutuhkan peran kuesioner di dalamnya, maka kita harus melakukan uji validitas serta reliabilitas terhadap kuesioner dan penelitian yang tengah kita lakukan tersebut. 

Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengetahui sejauh mana komponen penelitian kita dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk pengujian validitas dan reliabilitas ini sendiri, kita akan menggunakan sistem korelasi product moment, yaitu membandingkan besar r angka serta r tabel untuk mengetahui validitasnya. 

Kemudian, untuk uji reliabilitas, kita akan menggunakan sistem perbandingan nilai cronbach alpha. Salah satu metode yang kita pilih untuk pengujian ini adalah SPSS.

Nah, tentu saja sebelum melakukan pengujian, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui apa sebenarnya maksud dari uji validitas dan reliabilitas ini. 

...Dengan demikian, 

Kita akan memperoleh cara menghitung SPSS yang benar serta sesuai aturan, sehingga output yang dihasilkan pun juga seperti yang diharapkan.

Apa Itu Uji Validitas?

Uji validitas merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang peneliti atau minimal pemilik kuesioner dengan tujuan mengetahui sejauh mana validitas dari objek penelitian tersebut. 

Adapun instrumen yang digunakan adalah dengan membandingkan antara r angka dengan r tabel.

Apabila nanti diperoleh hasil r angka yang lebih besar, maka bisa dikatakan bahwa penelitian atau kuesioner tersebut valid.

Namun, pada pembahasan cara menghitung SPSS ini terdapat beberapa catatan berkenaan dengan uji validitas, yaitu batas minimal r tabel. 

Hal ini juga sebagai langkah mengetahui cara penghitungan r tabel itu sendiri. Adapun batas minimal tersebut adalah 0,3.

Mengenal Uji Reliabilitas untuk Penelitian

Setelah mengetahui apa itu uji validitas, selanjutnya kita beralih pada uji reliabilitas yang juga merupakan komponen dalam penghitungan SPSS. 

Uji reliabilitas ini adalah sebuah upaya untuk melihat seberapa jauh penelitian atau kuesioner tersebut dapat dikatakan "handal". 

Adapun cara penghitungannya adalah dengan membandingkan nilai cronbach alpha.

Masih sama seperti cara menghitung SPSS uji validitas, terdapat ambang batas dari perbandingan nilai cronbach alpha ini, yaitu sebesar 0,6. 

Dengan demikian, jika nilai output data lebih dari 0,6 maka dapat dikatakan bahwa data tersebut reliabel atau bisa juga dikatakan sebagai data yang "handal".

Cara Menghitung SPSS yang Jarang Diketahui

Baiklah, karena pembahasan kita adalah seputar penghitungan SPSS, maka langsung saja kita menuju topik utama dari artikel ini. 

Penyelesaian dari permasalahan data ini adalah dengan cara menghitung SPSS. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan:

  • Buka aplikasi SPSS kemudian masukkan seluruh tabel berisi data quesioner yang sudah kalian buat atau dalam hal ini penulis buat. Pada bagian atas tabel ada menu analize. Press menu tersebut hingga muncul beberapa item menurun. Pilih correlate kemudian bivariate hingga muncul jendela baru pada tabel yang kalian buat tersebut.
  • Pindahkan seluruh variabel kalian hingga kolom bagian pelayanan ke sisi kanan. Ada anak panah yang bisa kalian gunakan untuk memindahkan variabel tersebut. 

Jika sudah, 

  1. klik pearson =>
  2. Two tailed => 
  3. flag significant correlation 
  4. kemudian yang terakhir klik OK sampai tampilan data berubah pada sisi kanan seluruhnya.

Dua cara diatas adalah langkah menghitung SPSS validitas. 

Untuk reliabilitas hampir sama, hanya ada sedikit perbedaan pada bagian menu analyze => scale => reliability analysis. 

Kemudian pada bagian pemindahan variabel, jika untuk uji validitas seluruh variabel dipindah, khusus uji reliabilitas ini cukup 10 item tanpa kolom pelayanan.

Langkah terakhir dari cara menghitung SPSS ini adalah sama, yaitu menganalisis sesuai ambang minimal yang sudah disebutkan sebelumnya.