Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa yang Dapat Dilakukan Oleh Guru

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa
Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa

Swarariau.com, Tutorial Menghitung | Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa -- Cara menghitung persentase kehadiran siswa memiliki beberapa cara yang dapat digunakan oleh para guru di sekolah. 

Kehadiran siswa merupakan salah satu faktor yang menjadi penilaian siswa di sekolah. Bukan hanya menjadi salah satu kriteria penilaian, tetapi juga digunakan sebagai penentu kelulusan siswa dari sekolah.

Sebuah penilaian kehadiran siswa, dapat digolongkan ke dalam beberapa macam. Pertama, yaitu jika siswa yang berhalangan hadir karena sakit maka biasanya akan ditulis dengan huruf ‘s’. 

Kedua, jika siswa berhalangan hadir karena ada urusan, dalam keluarga misalnya, maka akan ditulis dengan huruf ‘i’ untuk izin. Terakhir adalah ‘a’ untuk Alpa dengan siswa yang tidak hadir tanpa keterangan.

Ada beberapa cara untuk kemudian mengetahui frekuensi kehadiran dari setiap masing-masing siswa. Beberapa cara ini kemudian dapat diolah dalam aplikasi Microsoft Excel. 

Berikut cara menghitung persentase kehadiran siswa yang dapat dilakukan oleh guru. Cara ini dapat digunakan oleh Excel ataupun secara manual.

Menghitung Persentase Kehadiran Harian Siswa

Cara menghitung pertama ialah dengan format absensi harian siswa. 

Dimana biasanya guru sudah menyediakan kolom kehadiran dengan nomor urut absensi, nama siswa, tanggal, dan keterangan kehadiran (s, i, atau a). 

Dapat menggunakan rumus =COUNTIF(F$7:F$36,“s”). Tujuannya untuk melihat persentase dari “s” dikolom tersebut. 

“S” bisa dirubah bila ingin melihat kriteria absensi yang lain.

Menghitung Persentase Kehadiran Bulanan Per Siswa

Selanjutnya adalah menghitung jumlah kehadiran bulanan per siswa. Seperti sebelumnya dengan menghitung ketidakhadiran siswa selama satu bulan (s, i, atau a). 

Rumus Excelnya =COUNSIF($C8:$AG8,“i”) huruf “i” dapat disesuaikan. Cara menghitung persentase kehadiran siswa dapat dilakukan dengan rumus Jumlah Hari Hadir dibagi Jumlah Hari Efektif dikali 100%.

Sebelum menggunakan rumus di atas, para guru harus menentukan beberapa kriteria terbelih dahulu. Misalnya Jumlah hari dalam satu bulan = Hari efektif + hari libur. 

Kedua, Jumlah Hari Efektif = Jumlah hari hadir + Jumlah hari tidak hadir. 

Ketiga, Jumlah Hari Hadir = Jumlah hari efektif – Jumlah hari tidak hadir. 

Maka nantinya jumlah persentase akan didapatkan oleh guru.

Menghitung Persentase Kehadiran Bulanan Seluruh Siswa

Sebelumnya sudah dijelaskan perhitungan persentase kehadiran bulanan siswa perindividu. Sekarang, mulai masuk perhitungan persentase kehadiran bulanan siswa keseluruhan. 

Cara menghitung persentase kehadiran siswa bulanan keseluruhan ialah dengan menghitung Jumlah Hari Efektif – Jumlah Sakit, Izin, dan Alpa yang dimiliki siswa.

...Ada tiga cara yang dapat dilakukan. 

Pertama, jika ingin menghitung Ketidakhadiran bulanan siswa, maka Jumlah Sakit + Jumlah Izin + Jumlah Alpa yang dimiliki siswa (1bulan). 

Kedua, jika ingin melihat Jumlah Kehadiran bulanan siswa, maka Jumlah hari efektif (1bulan) – Jumlah Ketidakhadiran siswa (1bulan). 

Ketiga, persentasenya, keseluruhan hasil pertama dan kedua x 100%.

Nah itulah beberapa cara menghitung persentase kehadiran siswa yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menghitung persentase kehadiran siswa. 

Cara tersebut dapat dilakukan secara manual atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi Excel yang rumusnya sudah dijelaskan semuanya. 

Kesemua cara itu dapat membantu para guru yang ingin mengetahui jumlah persentase kehadiran siswa.

Tujuannya tentu untuk memberikan penilaian bagi siswa tersebut. 

Baik itu penilaian dalam mata pelajaran, penilaian perilaku, atau bahkan sampai untuk menentukan kelulusan. 

Semakin tinggi tingkat persentase kehadiran siswa semakin baik pula nilai yang akan didapatkan. Setidaknya seorang guru harus mengetahui cara menghitung persentase kehadiran siswa.

Nah,

Semoga beberapa informasi singkat yang kami berikan ini ada manfaat untuk kamu yang membutuhkannya, selamat mencoba ya!