Cara Membuat Trading Plan Saham, Pakai Tips Dan Panduan ini!

Swarariau.com, Finance -- Tentu saja melakukan investasi tanpa memiliki dan membuat perencanaan sebelumnya sama saja anda akan berjalan menelusuri jalanan tanpa arah. 

Artinya akan sulit bisa melakukan investasi tanpa membuat rencana terlebih dulu. 

Untuk itu, paling tidak anda harus mengetahui bagaimana cara membuat trading plan saham sehingga bisa menghasilkan perencanaan investasi dengan jelas agar bisa mendapatkan keuntungan dan tercapainya tujuan anda melakukan investasi tersebut.

Nah seperti yang akan kita bahas bersama-sama kali ini mengenai bagaimana cara membuat trading plan saham yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk anda. 

Begitu pentingnya membuat trading plan saham terlebih dahulu sebelum melakukan trading saham sayangnya kurang begitu diperhatikan oleh para trader pemula.

Banyak kalangan trader pemula yang melakukan investasi secara asal-asalan, tanpa memiliki tujuan dan juga arah mau dibawa kemana trading tersebut. 

Dengan memiliki trading plan saham, 

Tentu saja anda bisa mengambil keputusan yang tepat dan sesuai dengan perencanaan serta skenario yang sudah anda buat tadi.

Cara Membuat Trading Plan Saham Yang Harus Anda Ketahui

Trading Plan Saham
Trading Plan Saham

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa keberadaan dari trading plan saham tentu saja sangat penting untuk diperhatikan setiap trader. 

Sayangnya banyak yang tidak menyadari betapa pentingnya keberadaan dari trading plan tersebut. 

Sehingga pada akhirnya banyak yang menyesal karena mendapatkan kerugian saat melakukan trading saham tersebut.

Tentu saja anda tidak ingin mengalami hal yang sama bukan? 

Untuk itu, berikut dibawah ini adalah beberapa panduan cara membuat trading plan saham yang bisa anda lakukan untuk membantu membuat rencana trading saham.

1. Tentukan Saham Yang Akan Dibeli

Saham Yang Akan Dibeli
Saham Yang Akan Dibeli

Pertama, anda harus menentukan terlebih dulu saham apa yang akan anda beli dalam kedepannya. 

Misalnya anda ingin membeli saham Telkom, disini tentu saja anda harus selalu memantau pergerakan harga dari saham perusahaan Telkom tersebut. 

Anda harus mengulik laporan keuangan dan berbagai macam analisis lainnya.

Sebagai pemula, saya sangat menyarankan agar anda mengincar saham blue chip atau saham dari perusahaan-perusahaan besar di dunia. 

Karena pergerakan dari harga saham blue chip yang tidak terlalu signifikan tersebut.

2. Tentukan Harga Beli Saham

Harga Beli Saham
Harga Beli Saham

Selanjutnya, dalam trading plan saham tentu saja anda juga harus menentukan harga beli dari saham tersebut. 

Anda harus menentukan di mana level beli yang akan anda pilih untuk membeli saham perusahaan yang sebelumnya sudah anda incar tadi.

Jadi disini anda harus memiliki rencana dimana level beli yang sudah anda tetapkan tersebut, karena dalam prakteknya anda tidak bisa menggunakan feeling atau perasaan. 

Jangan samakan investasi atau trading dengan judi yang hanya untung-untungan.

3. Menentukan Harga Jual Saham

Harga Jual Saham
Harga Jual Saham

Berikutnya, anda juga harus menentukan harga jual saham tersebut. Dimana ini berkaitan dengan target keuntungan yang ingin anda capai saat melakukan trading atau investasi saham di perusahaan yang sebelumnya di awal tadi sudah anda incar.

Disini anda bebas menentukan sampai di level mana anda akan menjual saham yang anda miliki tersebut. 

Dengan begitu, anda harus menunggu pergerakan dari harga saham agar sampai pada batas yang sudah anda tentukan. Tetap hold, sampai harga saham yang anda tentukan ini mencapai batas level yang sudah anda incar.

Oh ya,

Kalian juga bisa baca informasi lainnya seputar trading saham dibawah ini:

Nah itulah beberapa cara dan langkah untuk membuat trading plan saham yang harus anda ketahui dalam membuat skenario rencana trading saham. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin bingung dalam membuat rencana trading saham tersebut.