6 Cara Memperbaiki Error Mss32.DLL: The file mss32.dll is missing - Mss32.dll Not Found

Daftar Isi

Cara Memperbaiki Error Mss32.DLL
Cara Memperbaiki Error Mss32.DLL

Swarariau.com, Komputer --
Ada berbagai error yang sering terjadi ketika kita akan melakukan perbaikan. Pada artikel sebelumnya admin sudah mengupas cara mengatasi Cara Mengatasi Error Code 0xC0000005 dan 0x80070017 dengan mudah.

Nah, pada ulasan artikel kali ini admin kembali akan mengulas seputar error yang sering terjadi. Ada yang sering menemukan Error Mss32.DLL namun bingung bagaimana cara mengatasinya.

Nah,

Sebelum melanjutkan pembahasan maka kalian harus mengenali dulu seperti apa pesan error Mss32.DLL - Cannot start [APPLICATION]. A required component is missing: mss32.dll - This application failed to start because mss32.dll was not found - Cannot find [PATH]\mss32.dll, The file mss32.dll is missing - Mss32.dll Not Found.

Melihat dari tulisan dan pesan error ini, pasti akan sangat membingungkan! Benar nggak? 

Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana bisa pesan error semacam ini bisa muncul dan mengganggu proses kerja kamu.

Untuk kamu ketahui,

File Mss32.DLL ini merupakan sebuah modul system-software "Miles Sound System (mss)". 

Jadi, pada Modul ini memang banyak digunakan pada game modern untuk memproses sound-effect atau pada software multimedia.

Seperti yang kita ketahui,

Beberapa waktu belakangan, perkembangan game sangat luarbiasa peningkatannya. Hal ini akan sejalan dengan berbagai persoalan yang muncul. 

Termasuk error yang terjadi!

Misalnya, sering muncul pesan error file mss322.dll. Pada kesalahan atau error pada file Mss32.dll ini akan ada muncul pesan error yang masuk dalam bentuk yang sangat beragam.

Nah,

Pada ujungnya, error atau kesalahan yang terjadi ini akan menimbulkan permasalahan pada program yang sedang membutuhkan.

Ibaratnya, file mss322.dll ini menjadi salah satu komponen didalamnya. Ketika file ini rusak maka akan terjadi permasalahan yang muncul.

Terkadang, kita sering berasumsi bahwa file Mss32.DLL ini milik windows. Tapi pada kenyataannya, file ini bukan milik windows.

Kenali Penyebab Error Mss32.DLL

Untuk bisa mengatasi error yang terjadi dengan kode error Mss32.DLL ini maka kamu harus terlebih dahulu mengenali beberapa hal.

Bisa jadi ini sebagai penyebab terjadinya error ini!

Untuk dapat menemukan file Mss32.DLL ini kemungkinan bisa ditemukan pada direktori Windows\System32 atau direktori Syswow64,

Terjadinya error pada file Mss32.dll disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut ini:

  1. Adanya infeksi Malware pada system,
  2. Registry Windows mengalami kerusakan
  3. Terjadinya penghapusan mss32.dll meski tanpa disengaja
  4. Perubahan konfigurasi yang terjadi pada sistem PC
  5. Kerusakan device-driver
  6. Fisik hardware yang mengalami kerusakan (biasanya VGA/Sound-card).

...Ini masih kemungkinan yang jadi penyebab!

Kamu harus melakukan pengecekan untuk memastikan error yang terjadi pada Mss.32.DLL ini. Jadi harus ada pengecekan lebih jauh lagi.

Dengan melakukan pengecekan ini maka kamu akan menemukan kerusakan yang sebenarnya terjadi. Dengan begitu, kamu akan dapat mengatasi persoalan ini dengan mudah.

Cara Mengatasi Problem Error Mss32.DLL

Jika Anda belum terbiasa menangani problem file DLL error, saya sarankan untuk membaca artikel "Memperbaiki File DLL Error" tsb. di atas, yang merupakan 'Panduan Umum' dalam menangani problem file DLL error.

Untuk menangani problem error Mss32.dll, di bawah ini adalah langkah yang sebaiknya dilakukan.

1. Recover File yang Terhapus Tanpa Sengaja.

...Begini, 

Adakalanya kita melakukan pembersihan beberapa file yang membebani perangkat kamu. Nah, disaat melakukan penghapusan ini maka ada kemungkinan kamu menghapus file tersebut.

Nggak sengaja sih!

Cuma ini akan berdampak pada error. Salah satunya Error Mss32.DLL ini. Secara tidak sengaja, kamu telah menghapus file tersebut.

Lalu, bagaimana solusinya jika hal yang menyebabkan error ini dikarenakan file tersebut terhapus? 

Tenang saja,

Kamu masih bisa mencari file yang terhapus tersebut di Recycle Bin. Masih ada tersimpan kok! Setelah menemukan file tersebut maka kamu bisa melakukan restore file tersebut.

Ketika kamu kamu melakukan restore file Ms32.DLL ini maka akan kembali ke lokasi semula saat kamu tidak sengaja menghapusnya.

...Lah, recycle bin udah saya bersihkan juga?

Jika kamu sudah melakukan 'Empty Recycle Bin' ini maka bisa kamu atasi dengan menggunakan software Data_Recovery untuk menemukannya kembali; 

Cari software tersebut di internet terlebih dahulu. Silahkand download dan install. Ada banyak kok tersedia di situs download.

2. Lakukan Scan Malware

Jika permasalahan file error Ms32.DLL ini disebabkan oleh malware maka solusi terbaik adalah melakukan scanning.

Tanpa kita sadari,

Ada virus atau Malware yang terinfeksi yang menyebabkan terjadinya error Ms32.DLL ini, tak terlihat sekilas namun ini bisa berdampak fatal. 

Untuk itu, kamu bisa scan terhadap malware tersebut dengan memanfaatkan software anti virus. Dengan menggunakan software anti virus maka kamu bisa mendeteksi keberadaan virus yang masuk tersebut.

Manfaatkan antivirus yang terkini dan paling update!

Kamu bisa melakukan scanning secara menyeluruh pada prangkat kamu. Ini untuk menyisir secara keseluruhan malware tersebut.

Nah, 

Pada software antivirus, tersedia ruang 'quarantine malware'. Tugas kamu, periksalah ruang tersebut dan temukan file Mss32.dll ini.

Jika sudah menemukannya, silahkan di restore kembali.

Semoga dengan cara ini, kamu bisa mengatasi error Ms32.DLL yang terjadi dengan mudah. Namun, jika cara ini tak mampu mengatasi maka kamu bisa coba cara yang lainnya.

3. Silahkan Periksa Device Manager di Perangkat

Nah, ketika kamu masih belum berhasil mengatasi permasalahan error Mss32.dll maka bisa melakukan tahap selanjutnya.

Pada tahapan ini,

Kamu hanya memeriksa perangkat secara general, melakukan berbagai pengecekan terhadap kemungkinan terjadinya error pada hardware (VGA dan Sound) serta terjadinya berbagai problem pada driver.

Misalnya begini,

Terjadi error pada driver maka kamu harus melakukan uninstall pada driver tersebut dan melakukan install ulang lagi.

Kamu bisa mendapatkan driver yang kamu butuhkan di google, silahkan browsing dan temukan!

Apakah sampai tahap ini sudah berhasil? Apakah kamu sudah bisa menjalankan program tanpa ada error yang terjadi!

Jika masih belum maka kamu bisa terus mencoba untuk mencari solusi terbaik hingga kamu bisa mengatasi error ini.

4. Jalankan System Restore

Apakah error Mss32.dll ini bisa disebabkan oleh perubahan setting yang kemu lakukan pada komputer? Nah, jika kemungkinan error ini berasal dari sistem konfigurasi maka kamu bisa melakukan restore untuk mengembalikan sistem.

Manfaatkan System Restore dan pilih Restore Poin untuk mengebalikan konfigurasi PC kamu. Ini nggak sesulit yang kamu bayangkan kok!

Dengan merestrore system ini maka semua konfigurasi akan kembali seperti semula.

Cara ini kemungkinan bisa mengatasi error yang terjadi. Hanya saja, kamu harus memastikan error ini memang di sebabkan oleh perubahan konfigurasi.

5. Melakukan Scan Registry

Scan Registry? Apakah kamu pernah melakukan ini? Untuk kamu ketahui, dengan melakukan scan registry ini maka kamu bisa dengan mudah membersihkan sampah registry yang ada pada perangkat PC atau Komputer kamu.

Sebenarnya,

Sampah registry ini sangat mengganggu kinerja perangkat kamu. Ini sangat penting untuk kamu lakukan mengingat sampah registry semacam ini harusnya secara rutin kamu bersihkan.

Bayangkan, dengan keberadaan sampah registry ini maka system operasi windows kamu gagal untuk menemukan registry yang sedang dibutuhkan.

Nah, dengan melakukan scan registry ini maka PC kamu akan terbebas dari sampah yang bisa membuat error terjadi.

Selanjutnya, setelah kamu melakukan 'troubleshooting' diatas maka silahkan cek kembali apakah file Mss32.dll ini hilang? Apakah ada duplikat yang kamu punya? Jika kamu tidak memiliki duplikatnya maka kamu bisa melanjutkan untuk langkah selanjutnya.

Yaitu melakukan uninstall dan install kembali untuk kembali memunculkan file Mss32.dll ini. Ingat, file ini bukan bagian dari windows melainkan satu paket dengan program yang sedang kamu jalankan. 

Namun,

Jika tidak ingin ribet melakukan uninstall dan reinstall maka kamu juga bisa menggunakan alternatif dengan mencari file Mss32.dll secara terpisah.

Coba temukan pada official website mereka.

6. Solusi Terakhir Jika Masih Gagal

Nah, bagaimana jika kelima cara diatas sudah kamu coba kerjakan namun masih belum berhasil? Untuk alternatif perbaikan error terakhir adalah dengan meletakkan file mss32.dll yang sudah kamu download ke direktori C:\Windows\System32, 

Setelah itu, kamu bisa melakukan registrasi kembali. 

Setelah proses ini selesai, 

Kamu bisa merestart kembali PC kamu. Dan semoga alternatif yang terakhir ini berhasil untuk menghilangkan error Mss32.dll ini.

Penutup

Demikianlah beberapa ulasan seputar 6 Cara Memperbaiki Error Mss32.DLL: The file mss32.dll is missing - Mss32.dll Not Found pada PC kamu.

Ikuti sesuai dengan petunjuk yang admin jelaskan diatas ini.

Nah,

Beberapa langkah yang ada ini memerlukan pemahaman dan ketelitian untuk melakukannya.

Oh ya,

Selain informasi ini, kamu juga bisa baca informasi lainnya dibawah ini:

Semoga beberapa informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkannya.

Silahkan dibaca dengan teliti dan selamat mencoba ya!