Cara Screenshot iPhone Dengan Mudah Tanpa Menggunakan Apilkasi Tambahan

Cara Screenshot iPhone
Cara Screenshot iPhone

Bagaimana Cara Screenshot iPhone Dengan Mudah Tanpa harus menggunakan Apilkasi Tambahan? Berikut penjelasan selengkapnya!

Swarariau.com, iPhone -- Sebenarnya cara screenshot iPhone sangatlah mudah dan Anda pun dapat langsung mempraktekannya cara ini sendiri secara langsung di rumah. 

Perusaahan Apple sendiri telah memberi berbagai kemudahan bagi penggunanya, salah satunya yaitu adanya fitur yang dapat digunakan untuk screenshot tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Adanya fitur screenshot sendiri adalah sesuatu yang penting dan vital bagi seluruh pengguna smartphone, khususnya bagi seorang pekerja kantoran yang acap kali perlu mengabadikan tugas-tugas penting mereka. 

Baca juga: Cara Cek Handphone Iphone Asli atau Palsu, Awas Tertipu Produk KW!

Namun pada kenyataannya masih banyak sekali pengguna iPhone yang belum memahami cara ini, khususnya pengguna baru.

Proses pengambilan layar pada iPhone ini sangat berbeda dengan Android, dimana pada umumnya pada hp Android telah terdapat fitur screenshot dengan menggunakan pusat kontrol yang akan muncul ketika layar di scroll ke bagian bawah. 

Adakalanya pengguna iPhone kebingungan bagaimana cara melakukan screenshoot di iPhone ini, terbiasa menggunakan perangkat yang berbasis Andoid yang berbeda dengan jenis yang ada pada perangkat berbasis iOS ini.

Untuk itu, kamu bisa simak beberapa penjelasan yang sudah admin uraikan pada artikel yang sedang kalian baca ini. 

Baca Juga: Cara Setting Hotspot iPhone yang Mudah dan Anti Gagal, Pasti Berhasil!

Cara Screenshot iPhone Paling Cepat

Screenshot iPhone
Screenshot iPhone

Untuk bisa melakukan screenshot iPhone kamu harus mengenali beberapa fitur yang ada pada perangkat iPhone ini terlebih dahulu.

Terutama untuk kamu yang baru menggunakan iPhone. Sedikit membingungkan dan tidak bisa bagaimana cara melakukannya.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, berikut cara screenshot iPhone dengan mudah dan cepat yang sudah admin siapkan pada beberapa poin berikut ini:

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone Terbaru

1. Cara Screenshot iPhone Fitur AssistiveTouch

Perlu Anda ketahui bahwa AssistiveTouch adalah fitur yang diciptakan oleh perusahaan Apple berupa tombol virtual, perusahaan Apple telah mengintegrasikannya dengan iOS. 

Adanya fitur AssistiveTouch ini sangatlah bermanfaat dan membantu pengguna iPhone karena dapat membantu memberikan jalan pintas apa saja dengan cepat dan mudah. 

Adanya fitur AssistiveTouch ini pun sangat berguna untuk mengaja kesehatan tombol fisik baik itu home maupun touch id agar selalu bagus dan tetap  awet terus. 

Pada fitur AssistiveTouch terdapat banyak sekali opsi yang sangat membantu seperti dapat melakukan penangkapan layar, menghidupkan kembali iPhone, mengatur volume dll.

Baca Juga: Cara Setting VPN iPhone IKEv2 dengan Mudah dan Gratis, Mudah Kok!

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengaktifkan terlebih dahulu AssistiveTouch ini dengan cara membuka pada menu setting lalu dilanjutkan dengan memilih opsi menu aksebilitas. Dilanjutkan dengan memilih opsi AssistiveTouch. 

Disini Anda hanya perlu menggeser ke kanan agar fitur tersbut dapat berubah menjadi aktif.

Apabila berhasil, maka tombol AssistiveTouch akan muncul secara otomatis pada layar iPhone Anda. Setelah muncul maka langkah inti yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan screenshoot. 

Caranya yaitu dengan memilih tombol AssistiveTouch tersebut lalu klik menu perangkat. Anda dapat langsung menemukan opsi untuk tangkapan layar.

Baca Juga: Cara Reset iPhone ke Pengaturan Awal, Factory Reset Paling Mudah?

Ketuk opsi tangkapan layar tersebut, setelah itu maka screenshot sedang diproses. Hasil dari screenshot tersebut akan muncul berupa gambar mini yang terdapat pada pojok kiri pada bagian bawah layar. 

Anda dapat memeriksnanya dengan mengetuk gambar mini tersebut. Hasil screenshot secara otomatis tersimpan di galeri milik Anda.

2. Cara Screenshot iPhone Dengan Tombol Samping Dan Touch ID

Cara screenshot selanjutnya yaitu dengan menggunakan tombol touch ID dan juga tombol samping. Cara ini dapat dipraktekan apabila Anda pengguna iPhone dengan tipe iPhone 6, iPhone 7 dan juga iPhone 8.

Caranya pun tak kalah mudah, Anda hanya perlu menekan bagian tombol tersebut secara bersamaan lalu dilepaskan dengan cepat.

Setelah Anda berhasil mengambil tangkapan layar pada iPhone milik Anda, maka akan menampilkan gambar yang berukuran kecil yang muncul sementara pada bagia pojok kiri layar hp Anda. 

Baca Juga: Cara Setting Hotspot iPhone yang Mudah dan Anti Gagal, Pasti Berhasil!

Anda dapat mengetuk gambar tersebut untuk melihat hasilnya atau juga dapat menggeser gambar tersebut kearah kiri apabila Anda ingin menutupnya.

Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas mengenai bagaimana cara screenshot iPhone. Cara diatas sangat mudah untuk diikuti sehingga Anda dapat langsung mempraktekannya sendiri dirumah. 

Oh ya, untuk pengguna iPhone pemula, kamu bisa membaca berapa referensi lainnya untuk menambah informasi seputar iPhone yang kamu gunakan.

Baca pada beberapa link berikut ini:

Sangat diharapkan artikel ini dapat membantu Anda yang masih bingung untuk melakukan screenshot. Akhir kata, saya ucapkan banyak terimakasih.

Selamat Mencoba ya!