Paling Simple! Ini Cara Mengunci Aplikasi Di iPhone Dengan Mudah, Jadi Lebih Aman!

Cara Mengunci Aplikasi Di iPhone
Cara Mengunci Aplikasi Di iPhone

Swarariau.com, iPhone -- Cara mengunci aplikasi di iPhone sangatlah penting untuk Anda ketahui. Setiap orang pasti memiliki privasi yang ingin selalu dijaga agar orang lain tidak dapat meilhatnya ataupun mengaksesnya. 

Privasi ini bisa bersifat digital seperti foto, video, chat dan dokumen rahasia lainnya. Kamu bisa menerapkan beberapa cara lock aplikasi di iPhone 7, 11, 6, xr, x, 8, 7 plus, 12, iOS 15, 12 pro max, iOS 13 atau jenis iPhone lainnya.

Salah satu cara untuk menjaga privasi tersebut yaitu dengan menggunakan aplikasi pengunci agar dokumen dokumen yang Anda dapat terjaga. 

Selain menjaga privasi, adanya aplikasi pengunci ini juga dapat menghindarkan Anda dari kejahatan jika suatu hari nanti Anda mengalami pencurian.

Ada kalanya, kita penting untuk mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone agar tidak semua orang bisa langsung membuka aplikasi WA kamu.

Perlu kamu ketahui,

Ada banyak aplikasi pada iPhone yang bisa kamu lock sehingga tidak setiap orang bisa menakses aplikasi tersebut.

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi saat kamu tidak mengunci aplikasi mesangger pada perangkat iPhone.

Cara Mengunci Aplikasi Di iPhone Dengan Mudah

Mengunci Aplikasi Di iPhone
Mengunci Aplikasi Di iPhone

Orang yang tidak bertanggung jawab akan menyalahgunakan data kita untuk tindakan penipuan seperti pinjaman online ataupun lainnya.  

Terdapat beberapa pilihan apilkasi yang dapat Anda gunakan untuk mengunci aplikasi agar data Anda tetap terjaga. 

Dengan 'lock' pada beberapa aplikasi penting ini, kamu bisa dengan mudah menjaga keamanan beberapa aplikasi yang ada pada iPhone kamu.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengunci aplikasi di iPhone:

1. Cara Mengunci Aplikasi Di iPhone Menggunakan Teknologi Face ID

Cara pertama yang dapat Anda lalukan yaitu dengan menggunakan teknologi face ID. Teknologi ini telah lama diluncurkan oleh perusahaan iPhone untuk menjaga privasi pengguna setianya. 

Teknologi ini sebenarna bukan hal yang baru karena sebelumnya Android telah meluncurkannya terlebih dahulu sistem keaman wajah ini. 

Fitur ini sudah dapat digunakan oleh semua pengguna iPhone. 

Cara kerja dari sistem Face ID ini sangat mirip dengan Touch ID yaitu memiliki persamaan untuk membuka aplikasi dengan anggota tubuh kita. Untuk Touch ID menggunakan sidik jari sedangkan teknologi Face ID menggunakan wajah untuk mengenali penggunanya. 

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu membuka menu pengaturan lalu pilih menu privasi. Pada halaman tersebut pilih opsi kunci layar lalu pilih menu Face ID. 

Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci dengan Face ID. Setelah berhasil, fitur tersebut akan secara otomatis muncul ketika Anda membuka aplikasi yang dikunci.

2. Mengunci Aplikasi Dengan Touch ID

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya cara kerja dari adanya fitur Touch ID ini memiliki kesamaan dengan fitur Face ID. 

Teknologi dari sistem Touch ID ini menggunakan metode berupa pengenalan sidik jari untuk membuka aplikasi yang Anda ingin kunci dalam menjaga privasi.

  • Langkah pertama yaitu buka terlebih dahulu menu pengaturan atau setting. 
  • Setelah itu temukan fitur Touch ID and Password. 
  • Pada menu tersebut Anda diharuskan untuk memasukkan password terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya tambahkan beberapa sidik jari, 
  • Setelah berhasil maka aplikasi yang Anda pilih telah berhasil terkunci.

3. Kunci Aplikasi Dengan Fitur Restrictions

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur restrictions. Langkahnya yait dengan membuka menu general pada menu setting. Lalu bukalah menu restictions. 

Setelah itu aktifkan terlebih dahulu enable restrictions. Anda perlu memasukan password terlebih dahulu. Selanjutnya pilihlah aplikasi mana saja yang ingin Anda kunci.

4. Kunci Aplikasi Dengan Aplikasi iProtect

Cara mengunci Aplikasi di iPhone selanjutnya yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi iProtect. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh Cydia. 

App Store sendiri belum menyediakan aplikasi tersebut sehingga Anda perlu mengunduhnya melalui halaman resmi dari platform Cydia. 

Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi iProtect, maka pasanglah pada perangkat Anda lalu buka aplikasi. 

Anda akan diberi pilihan jenis kunci apa yang ingin digunakan. Anda dapat memilih kunci dengan sandi maupun sidik jari. 

Selanjutnya Anda dapat langsung memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda kunci menggunakan iProtect.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara mengunci aplikasi di iPhone. Cara yang telah dijelaskan diatas sangatlah mudah untuk Anda praktekan. 

Sangat diharapkan adanya artikel ini dapat membantu Anda yang ingin menjaga kerahasiaan dokumen dokumen penting agar terhindar dari penyalahgunaan orang yang tidak bertanggung jawab.

Kamu bisa menerapkan beberapa langkah ini dengan sangat mudah!

Baca juga informasi seputar iPhone lainnya berikut ini:

Semoga beberapa informasi ini memberikan manfaat untuk kita semua, pahami dengan teliti hingga kamu benar-benar memahami setiap langkah ini.

Selamat Mencoba ya!