7+ Cara Setting Tenda 03 Sebagai Client Agar Ampuh Menangkap Sinyal, Coba Aja!

Setting Tenda 03 Sebagai Client
Setting Tenda 03 Sebagai Client

Swarariau.com, Teknologi --
Mendengar nama Tenda 03 tentu tidak akan asing lagi. Nama Tenda 03 merupakan salah satu perangkat wifi favorit banyak orang karena kemampuannya di outdoor yang memukau. 

Buat yang penasaran, inilah cara setting Tenda 03 sebagai client.

Kemampuan Tenda 03 mampu menangkap sinyal wifi dari luar hingga jarak 5 km. IP Address dari PC client adalah IP Address modem yang sebelumnya sudah diatur sebagai IP Static. 

Dalam hal ini Tenda 03 memiliki peran hanya penangkap sinyal saja.

Sekilas Tentang Perangkat Tenda 03

Tenda O3 itu adalah perangkat yang bisa dipakai untuk solusi jaringan nirkabel jarak jauh. Jadi, misalnya kamu punya kamera pengawas atau mau ngirim data jarak jauh, Tenda O3 ini bisa bantu. 

Perangkat ini punya antena arah 12dBi yang bisa nangkep dan jaga sinyal nirkabel biar stabil.

Oh ya, perangkat Tenda O3 ini juga punya fitur auto-bridge! 

Jadi, kalau ada dua perangkat Tenda O3 yang dihidupin berhadapan, mereka bisa langsung nyambung satu sama lain. 

Gampang banget buat setup CCTV atau ngirim data.

Dia juga tahan cuaca loh, bisa dipakai di cuaca panas, hujan, atau suhu ekstrem. Jadi, kalau kamu butuh perangkat buat jaringan nirkabel jarak jauh, Tenda O3 ini bisa jadi pilihan

Cara Setting Tenda 03 Sebagai Client

Membuat pengaturan Tenda 03 dapat dikatakan mudah. Perfoma yang dihasilkan juga banyak yang membuktikan mampu menangkap sinyal dengan baik, meskipun dari jarak yang lumayan jauh. 

Berikut cara setting Tenda 03 sebagai client.

1. Mengaktifkan Browser.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan browser. Dalam hal ini dapat memilih menggunakan Chrome atau Firefox sesuai selera. 

Selanjutnya buka alamat IP Default Tenda 03 yakni 192.168.2.1. Pastikan benar memasukkan alamatnya.

2. User Name dan Password.

Mengisi user name dan password saat melakukan login Tenda 03. Sebaiknya pilih user name dan password yang mudah diingat untuk keperluan login. 

Jika perlu dapat menulisnya di buku catatan khusus agar tidak lupa.

3. Quick Setup.

Setelah melakukan login Tenda 03, akan muncul halaman “Quick Setup” dan klik halaman tersebut. Selanjutnya pilih menu “Station (Client)”, kemudian klik “Next”. 

Pada halaman pengaturan berikutnya akan muncul “Quick Setup- Station”. 

Dalam hal ini Tenda 03 akan melakukan tindakan scan atau site survey sinyal wifi di sekitar yang tersedia hingga jarak kurang lebih 5 km. 

Kemungkinan besar akan banyak sinyal wifi yang tersedia, namun pilih sinyal atau SSID yang telah direncanakan dari awal untuk dikoneksikan.

Selanjutnya klik “Next”. Sinyal wifi yang lainnya tidak akan bisa terkoneksi karena terdapat password.

4. Key.

Pada bagian “Key”, masukkan password wifi dari sinyal yang telah diambil. Kemudian klik “Next”.

Setelah password benar dimasukkan, maka Tenda 03 akan bekerja secara langsung untuk menangkap sinyal wifi yang telah direncanakan.

Jika terdapat bagian lanjutkan dari “Station”, yakni diminta masukkan IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, Preferred DNS Server, dan Alternate DNS Server maka abaikan. 

Bagian tersebut muncul hanya untuk dapat dikoreksi jika terdapat kesalahan.   

5. Proses Penyimpanan.

Pada tahap ini, Tenda 03 sedang menjalankan proses penyimpanan setting. Proses akan diakhiri dengan Rebood pada perangkat Tenda 03. Tunggu terlebih dahulu hingga proses booting dinyatakan selesai.  

6. IP Address.

Melakukan proses pengaturan IP Address dari PC client yang terhubung dengan Port LAN Tenda 03. Akan terlihat IP Address akan selalu mengikuti segmen dari perangkat wifi pemancar.  

7. Pengujian.

Pengujian dilakukan dengan cara mengirimkan “PING” ke gateway dan DNS Google. Tunggu terlebih dahulu hingga hasilnya keluar. 

Tanda PINK yang dikirimkan berhasil, maka akan muncul koneksi Tenda 03 ke wifi pemancar. Selanjutnya dapat digunakan. 

Koneksi internet dari Tenda 03 akan lancar selama wifi pemancar juga lancar koneksi internetnya. Dalam hal ini semua tergantung pada wifi pemancar dalam memancarkan sinyalnya. 

Hal yang menarik dari Tenda 03, tidak hanya dapat digunakan sebagai mode station atau client, namun fitur di dalamnya termasuk banyak. Diantaranya access point, repeater universal, WISP, repeater, P2MP, dan sebagai router.

Dari banyaknya fitur yang dimiliki, banyak orang yang memanfaatkan mode client. Seperti cara setting Tenda 03 sebagai client di atas yang telah dijabarkan. 

Kemampuan sebagai penangkap sinyal telah diakui banyak orang.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan seputar Cara Setting Tenda 03 Sebagai Client Agar Ampuh Menangkap Sinyal yang bisa kamu coba.

Ada beberapa opsi yang harus kamu lakukan sebelum mengatur perangkat Tenda 03 ini, perhatikan setiap penjelasan yang ada pada artikel ini.

Jika kamu rasa artikel ini masih kurang, silahkan merujuk pada beberapa referensi lainnya.

Selamat Mencoba!

Baca juga beberapa informasi lainnya berikut ini: