Cara Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Dengan Mudah, Mulai Bitcoin Exchange Higgs ATM Lho!

Swarariau.com, Finance -- Ada beberapa cara untuk bisa mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Dengan Mudah Untuk Pemula. Seperti yang ktia ketahui, sekarang ini Bitcoin menjadi salah satu aset crypto yang paling terkenal dan juga termahal di dunia. 

Oleh sebab itu, maka tidak heran jika sekarang ini ada banyak orang yang semakin tertarik untuk melakukan investasi terhadap Bitcoin. 

Namun tentu saja sebelum anda memutuskan untuk melakukan investasi terhadap Bitcoin, pastikan jika anda sudah mengetahui bagaimana sih cara mencairkan bitcoin ke rupiah.

Pasalnya, jangan sampai setelah anda bisa melakukan pembelian bitcoin dan mulai melakukan investasi, anda tidak tahu bagaimana cara mencairkan bitcoin ke rupiah. 

Sehingga harusnya anda mendapatkan keuntungan besar dari jumlah Bitcoin yang anda beli tersebut menjadi kerugian karena tidak bisa menukarkan koin Bitcoin di waktu yang tepat.

Jadi paling tidak saat anda membeli Bitcoin, anda juga harus tahu bagaimana cara menukarkan atau mencairkan Bitcoin ke Bank lokal terlebih dahulu. 

Untuk itu, disini saya akan membantu anda dalam memberikan informasi mengenai bagaimana sih kira-kira cara yang harus anda lakukan untuk bisa mencairkan token Bitcoin yang anda miliki ke bentuk uang Rupiah.

Cara Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah
Cara Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah

Dalam sejarahnya sendiri Bitcoin diluncurkan sejak tahun 2009 lalu dan sampai sekarang ini sudah menjadi aset crypto nomor 1 di dunia dari segi popularitas dan juga harga nilai tukarnya. 

Bitcoin sendiri sudah bertahan di puncak masker selama lebih dari 1 dekade lamanya. 

Bahkan sampai sekarang ini belum ada aset crypto lainnya yang dapat menggeser posisi dari Bitcoin di puncak teratas.

Hal ini karena memang terdapat salah satu keuntungan utama dari sistem Bitcoin yang terdesentralisasi, sehingga semua orang bisa menjual bitcoin tanpa batas. 

Dimana anda bisa menjual dalam bentuk berapapun yang anda inginkan dan juga ingin dijual dalam bentuk mata uang apa saja, termasuk juga mata uang rupiah.

Lalu bagaimana sih cara mencairkan bitcoin ke rupiah? 

Nah untuk anda yang mungkin penasaran dengan bagaimana kira-kira cara mencairkan bitcoin ke rupiah, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi lengkapnya hanya untuk anda.

1. Mencairkan Bitcoin Dengan Exchange

Mencairkan Bitcoin Dengan Exchange
Mencairkan Bitcoin Dengan Exchange

Pertama, cara mencairkan bitcoin ke rupiah yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Exchange. 

Dimana ini menjadi cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan oleh kalangan para trader atau investor di dunia crypto. 

Hal ini karena memang dengan menggunakan platform Exchange, kita bisa dengan mudah menjual dan juga membeli aset crypto sesuai dengan jumlah yang kita inginkan.

Tentu saja setiap platform Exchange ini mempunyai regulasi yang berbeda-beda tentang cara mencairkan token Bitcoin. 

Anda harus memperhatikan setiap aturan dan juga kebijakan dari masing-masing Exchange, karena bisa saja fee yang diberikan oleh Exchange tersebut sangat besar sehingga anda akan berpotensi mengalami kerugian.

Jadi jangan langsung menggunakan aplikasi Exchange secara asal-asalan, melainkan anda harus memperhatikan setiap kebijakan dan aturan yang berlaku pada aplikasi Exchange yang akan anda pakai tersebut. 

Dengan menggunakan bantuan aplikasi Exchange, anda memungkinkan bisa melakukan penukaran token Bitcoin dengan mudah dan cepat serta aman.

2. ATM Bitcoin

ATM Bitcoin
ATM Bitcoin

Jangan berfikir ini sama seperti mesin ATM yang biasa kamu pakai. Jika pada Mesin ATM kamu menggunakan debit maka di ATM Bitcoin ini dengan memindai Kode QR.

Setelah memindai Kode QR ini maka kamu akan terhubung dengan dompet digital tempat kamu menyimpan sejumlah asset bitcoin yang kamu miliki.

Jadi, akan nada konversi dari Bitcoin ke Rupiah.

Setelah dompet digital melakukan konversi tersebut maka kamu akan bisa menarik uang dalam bentuk tunai, bukan lagi bitcoin.

Pada dasarnya, 

Untuk cara menggunakan ATM Bitcoin masih mirip-mirip dengan transaksi ATM konvensional seperti yang sudah biasa kamu lakukan.

Hanya saja, Untuk Indonesia mungkin belum tersedia cara ini. Namun, jika kamu berada di negara yang memiliki ATM Bitcoin maka kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pada interface BTM, pilih “Withdraw Cash”.
  • Silahkan kamu memasukkan nomunal Bitcoin yang ingin dicairkan.
  • Lanjutkan dengan menggunakan QR Code yang ditampilkan pada ATM Bitcoin untuk mentransfer Bitcoin dari wallet atau exchange.
  • Jika proses pemindaian kode QR sudah berhasil maka kamu sudah bisa untuk melakukan penarikan tunai.
  • Selesai

Mudah banget kan?

3. Transaksi Peer to Peer

Transaksi Peer to Peer Bitcoin
Transaksi Peer to Peer Bitcoin

Transaksi peer to peer ini merupakan proses pelepasan sejumlah bitcoin yang kamu miliki kepada pembeli yang sedang mencari atau membutuhkan bitcoin.

Nantinya, mereka akan mentransfer sejumlah uang (sesuai kesepakatan bersama) setelah itu barulah kamu melepas sejumlah asset bitcoin yang kamu miliki.

Dengan begitu,

Hasil penjualan bitcoin kamu sudah bisa ditarik dalam bentuk uang tunai melalui rekening yang di transfer tadi.

Biasanya,

Penjualan semacam ini membutuhkan pihak ketiga sebagai penengah. Tentunya, masing-masing penjual dan pembeli menginginkan keamanan mereka.

Si penjual takut di tipu oleh transaksi palsu dan sebaliknya, si pembeli juga takut dengan situasi penjual bitcoin bodong.

Untuk itu, diperlukan pihak ketiga sebagai penengah dengan pembayarannya disepakati secara bersama berapa komisi untuk penengah tersebut.

Transaksi semacam ini memang sudah biasa terjadi di dunia digital. Dan saat ini, ada banyak aplikasi yang bisa menjadi penengah tempat kamu membeli bitcoin tersebut.

Lebih mudah lagi. 

Tips Aman Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah

Tips Aman Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah
Tips Aman Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mencairkan sejumlah aset bitcoin kamu ke penarikan tunai atau rupiah.

Misalnya,

Masalah keamanan, kamu harus memperhatikan keamanan dalam melakukan transaksi bitcoin ini. Hal ini untuk menjaga keamanan dan menghindari dari beberapa hal yang tidak kita inginkan.

Untuk itu,

Kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Volatilitas Bitcoin

Perhatikan Volatilitas Bitcoin. Aset Crypto memiliki volatilitas yang tinggi. Jadi, perlu untuk memperhatikan pergerakan bitcoin saat kamu akan melakukan pencairan ke rupaih. 

Misalnya gini,

Ketika harga bitcoin sedang rendah maka sebaiknya kamu tahan dulu, 

...Sabar,

Tunggu hingga kondisi trafic bitcoin ini naik. Dengan kondisi naik maka kamu akan mendapatkan keuntungan lebih saat akan mencairkan bitcoin tersebut.

Memang grafik ini bersifat fluktuatif banget. 

Kita tidak bisa memperkirakan kapan naik dan kapan turun. Tetap perhatikan! Jika bitcoin sedang tinggi maka kamu bisa dengan cepat melakukan pencairan ini.

2. Perhatikan Tingkat Keamanan Transaksi

...Ini sangat penting,

Ketika akan melakukan transaksi maka kamu juga harus tetap memperhatikan keamanan dari transaksi tersebut.

Lah, platform exchange kan udah aman banget?

Untuk kamu ketahui,

Platform Exchange ini merupakan cara paling sering dilakukan untuk mencairkan bitcoin ke dalam rupiah atau mata uang lainnya.

Untuk itu,

Kamu harus memastikan bahwa transaksi yang dilakukan tersebut menggunakan two-factor authentication.

Ini akan lebih memberikan keamanan untuk setiap transaksi yang kamu lakukan, apalagi untuk transaksi dalam jumlah yang besar.

3. Timing Pencairan Bitcoin

Ketika kamu sedang membutuhkan uang cepat maka ini bisa menjadi penghambat buat kamu yang sedang buru-buru.

Perhatikan,

Kamu harus tahu berapa lama proses yang diperlukan untuk pencairan tersebut. Secepat apakah pencairan tersebut?

Kamu bisa hitung dengan hari membutuhkan uang!

Dengan begitu, posisi uang yang kamu dapatkan akan sama dengan hari penggunaan uang tersebut. Jadi, kamu wajib memperhatikan timing pencairan bitcoin ini.

Kesimpulan

Nah, kira-kira seperti itulah bagaimana cara mencairkan bitcoin ke rupiah yang bisa anda lakukan untuk menukarkan atau mencairkan token bitcoin yang anda miliki ke dalam bentuk mata uang rupiah. 

Perhatikan beberapa hal yang sudah admin jelaskan diatas.

Terutama masalah keamanan dalam bertransaksi Bitcoin ini. Manfaatkan platform terbaik untuk exchange aset bitcoin yang kamu miliki.

Semoga informasi yang saya tuliskan kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang tidak tahu bagaimana cara menukarkan token Bitcoin ke mata uang Rupiah.

Untuk informasi seputar bitcoin lainnya kamu bisa mendapatkan informasinya berikut ini:

...Selamat mencoba ya!