Mengapa Suara AC Berisik? Ini 7+ Solusi dan Cara Perbaikan Suara AC yang Berisik dan Tidak Normal

Suara AC Berisik
Suara AC Berisik

Swarariau.com, Service AC -- Apakah AC kamu mengeluarkan suara bising? Apakah kamu bingung mengapa AC kamu tidak lagi memberi kamu kenyamanan yang seharusnya? Kejadian semacam ini kerap kali terjadi pada pengguna AC, hanya saja kita terkadang dibuat kebingungan untuk menormalkan suara AC tersebut.

Bayangin aja, malah hari dengan suasana hening, tidur kamu terganggu hanya karena AC di kamar yang kamu pasang terlalu berisik. Hal ini bikin kamu susah tidur, benar nggak?

Nah, sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan AC kamu menghasilkan suara yang sangat mengganggu ini. Kamu wajib kenali dulu permasalahannya dan kemudian memperbaiki sesuai dengan penyebab tersebut.

Artikel ini akan membahas mengapa AC bisa berisik dan memberikan solusi serta perbaikan yang mungkin kamu butuhkan. 

Ikuti terus beberapa ulasan ini untuk mendapatkan informasi yang berguna dan menarik tentang bagaimana mengatasi masalah AC bising yang mengganggu.

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara AC yang Berisik

Cara Mengatasi Suara AC yang Berisik
Cara Mengatasi Suara AC yang Berisik

Eh, kapan sih terakhir kali kamu bersih AC? Coba dech kamu ingat-ingat lagi! Hal ini bisa menjadi penyebab utama mengapa AC tersebut memgeluarkan suara yang sangat berisik.

Pedahal, ketika pertama kali di pasang tidak mengeluarkan suara seberisik ini ~

Untuk lebih jelasnya lagi, simak beberapa alasan mengapa AC kamu berisik berikut ini:

1. Kotoran dan Debu

Salah satu alasan utama mengapa AC bisa berisik adalah karena penumpukan kotoran dan debu di dalam unit. Ketika kotoran menumpuk, komponen-komponen AC menjadi kurang efisien dan berisik saat beroperasi.

Biasanya, kita sangat jarang memperhatikan kebersihan AC. Terutama debu-debu yang mulai menebal di dalam saringan AC tersebut. Paling tidak, kamu harus membersihkan AC tersebut secara berkala.

Jika permasalahan AC berisik tersebut ini maka solusinya adalah dengan membersihkan unit AC secara teratur dan menjaga kebersihan filter. 

Kalau kamu nggak mau repot, kamu bisa panggil layanan service AC. Ada banyak kok!

2. Baling Baling yang Aus

Coba dech kamu cek komponen yang satu ini! Apakah kondisi dari baling-baling AC kamu masih bagus atau sudah tidak layak pakai. Jika baling-baling pada unit AC sudah aus atau rusak, maka AC bisa mengeluarkan suara berisik.

Kita jarang sih ngecek bagian ini!

Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan yang lama atau kurang perawatan. Menyediakan baling-baling baru dan mengganti yang rusak adalah solusi untuk mengatasi masalah ini.

Kondisi yang sudah tidak layak pakai ini tidak dapat di perbaiki. Kamu wajib untuk menggantikan dengan yang baru lagi, ini hal yang paling mudah untuk kamu lakukan.

3. Registrer Longgar

Selain dua penyebab diatas, kamu juga wajib mengecek registrer. Perhatikan baik-baik, longgar nggak?

Registrer pada unit AC yang longgar juga dapat menjadi penyebab suara yang tidak diinginkan. Pastikan untuk memeriksa dan mengencangkan registrer secara teratur agar tetap stabil dan tidak berisik.

Dengan melakukan ini, suara AC kamu akan kembali normal dan tidak lagi mengeluarkan suara yang berisik.

4. Saluran Udara Tersumbat

Saluran udara yang tersumbat dapat menyebabkan AC menjadi lebih berisik dan bahkan mengurangi efisiensi sistem pendinginan. Filter udara ini merupakan salah satu bagian yang paling umum tersumbat dalam sistem AC.

Bersihkan atau ganti filter udara secara berkala sesuai dengan petunjuk produsen. 

Filter yang kotor dapat menyebabkan penurunan aliran udara, yang dapat meningkatkan suara berisik dan mengurangi efisiensi AC.

Memastikan saluran udara tetap bersih dan bebas hambatan akan membantu sistem AC berfungsi dengan baik, mengurangi suara berisik, dan meningkatkan efisiensi pendinginan.

Jika kamu tidak yakin bagaimana cara melakukan ini dengan benar, sebaiknya konsultasikan dengan seorang teknisi HVAC berlisensi.

5. Penempatan AC yang Tidak Tepat

Penempatan yang tidak tepat untuk unit AC dapat menyebabkan masalah kinerja dan bahkan suara berisik. Hindari menempatkan unit AC terlalu dekat dengan dinding atau benda lainnya.

Setidaknya, berikan jarak minimal beberapa inci antara dinding dan unit AC. 

Ini memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik dan mengurangi suara berisik yang mungkin disebabkan oleh getaran yang merambat ke dinding.

Oh ya, 

Pasang unit AC pada ketinggian yang tepat. Idealnya, unit AC harus dipasang sekitar 7-8 kaki di atas lantai untuk mengoptimalkan sirkulasi udara di ruangan.

6. Saluran Udara Tersumbat

Saluran udara yang tersumbat atau terlipat bisa mengganggu aliran udara dan menyebabkan suara yang berisik. Untuk bisa Mengatasi permasalahan ini maka kamu wajib Periksa dan bersihkan saluran udara secara berkala.

Jangan abaikan kebersihan AC kamu!

7. Kompresor AC Bermasalah

Kerusakan pada kompresor AC adalah masalah serius yang memerlukan perhatian segera. 

Kompresor adalah komponen utama dalam sistem AC yang bertanggung jawab atas sirkulasi refrigeran dan pemadatan gas untuk pendinginan.

Ada beberapa gejala umum kerusakan kompresor AC dan beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini. Kamu nggak perlu bingung!

8. Masalah lainnya

Selain yang sudah admins ebutakan diatas, masih ada beberapa hal yang menyebabkan suara AC kamu berisik. 

Memastikan seluruh komponen AC tetap bersih dan bebas hambatan akan membantu sistem AC berfungsi dengan baik, mengurangi suara berisik, dan meningkatkan efisiensi pendinginan. 

Nah, berikut ini beberapa permasalahan lainnya:

  • Kompresor AC Bermasalah,
  • Penggunaan AC yang Berlebihan,
  • Kondensator Bermasalah,
  • Penempatan AC yang Tidak Tepat

Tips Agar AC Kamu Tidak Berisik

Untuk kamu pengguna AC, ada baiknya tetap melakukan perawatan secara berkala pada unit AC yang sedang kamu gunakan agar kondisi AC tersebut tetap berfungsi dengan baik.

...Kalau udah rusak baru sibuk! 

Perawatan rutin nggak mahal kok! Tanpa jasa service AC juga bisa kok kamu lakukan sendiri. Misalnya, melakukan pembersihan pada saringan-saringa AC atau baling-baling unit AC selalu di cek kondisinya.

Ini simple, hanya saja sangat jarang kita lakukan! Agar AC kamu tidak berisik, ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi atau menghindari suara berisik dari unit pendingin udara.

Berikut beberapa tips untuk mencapai keheningan yang lebih baik:

  • Pemilihan Unit AC yang Tepat

  • Perawatan Rutin

  • Pemasangan yang Tepat:

  • Lakukan Peredam Suara

  • Bersihkan Saluran Udara

  • Gunakan Remote Control

  • Perhatikan Suara yang Tidak Biasa

  • Isolasi Getaran

  • Pertimbangkan AC Ductless (Mini Split)

  • Gunakan Perangkat Tidur

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengurangi suara berisik dari unit AC kamu dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman di dalam ruangan.

Jika suara berisik tetap menjadi masalah, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional HVAC untuk mengevaluasi dan memperbaiki masalah tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah informasi berguna tentang mengapa AC kamu bisa berisik dan solusi serta perbaikan yang mungkin kamu butuhkan. 

Pastikan untuk membersihkan unit AC secara teratur dan memeriksa komponen-komponen yang mungkin rusak.

Jika perlu, jangan ragu untuk memanggil teknisi AC yang terpercaya. 

Dengan melakukan tindakan yang tepat, kamu dapat menikmati AC yang bebas dari suara bising dan memberikan kenyamanan yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik ini atau topik seputar AC dan perbaikan rumah lainnya, jangan ragu untuk membaca artikel lainnya di situs kami.

Baca juga informasi lainnya:

Terima kasih telah membaca! Semoga bermanfaat ya!