AC Kurang Dingin? Begini Cara Setting AC Panasonic Biar Dingin, Ruangan Jadi Sejuk!

Cara Setting AC Panasonic
Cara Setting AC Panasonic

Swarariau.com, Elektronik -- Hidup di Negara yang memiliki iklim tropis, pada saat cuaca sangat terik terkadang suhu udara bisa mencapai hingga 32 derajat celcius. 

Hal ini tentu saja membuat gerah, untuk mengatasinya dengan cara setting AC Panasonic biar dingin.

Memasang AC di ruangan memang akan membuat udara terasa lebih nyaman, namun perawatan AC ini terkadang sangatlah merepotkan. 

Apalagi bila AC mengalami permasalahan karena kurang dingin.

...Lah,

Niatan pasang AC biar ruangan jadi adem dan sejuk malah jadi 'pengap' hanya gara-gara AC tidak berfungsi dengan baik.

Bingung sih harus ngapain!

Sebenarnya,

Permasalahan samacam ini nggak rumit kok, ada beberapa pengaturan AC agar supaya bisa kembali bekerja normal dan ruangan kembali menjadi dingin.

Kalian bisa simak beberapa penjelasan admin dibawah ini,

Cara Setting AC Panasonic Biar Dingin

Bila AC Panasonic di ruangan sudah terasa kurang dingin, sebaiknya jangan terburu buru menganggap kalau kondisi AC mengalami kerusakan. 

Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa sebab.

Diantaranya adalah karena isi freon yang kurang atau bisa juga karena sudah habis. Selain itu bisa juga terjadi adanya kebocoran. 

Sehingga udara menjadi kurang dingin. Bila hal ini yang menjadi masalah bisa memanggil service AC.

Permasalahan AC yang kurang dingin ini bisa juga disebabkan karena cara settingan remot yang kurang maksimal. 

Karena itu cara setting AC Panasonic biar dingin agar udara lebih sejuk dan terasa nyaman. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk untuk mengatasi AC Panasonic agar udara yang dikeluarkannya  terasa lebih dingin. 

Hal ini sebaiknya harus segera mencari penyebabnya.

Lalu bagaimana caranya agar udara yang dikeluarkan AC Panasonic menjadi lebih dingin? Berikut ini beberapa cara setting AC Panasonic biar dingin, 

yuk disimak bagaimana cara untuk mengatasinya.

Kenali Fungsi Tombol Remot AC

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, maka sebaiknya kamu memahami beberap fungsi tombol remot AC yang akan digunakan untuk mengontrol AC kamu.

Remote control AC memiliki berbagai fitur umum yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan AC sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Berikut ini adalah beberapa fitur umum yang biasanya ditemukan pada remote control AC:

1. Tombol Power

Tombol Power pada remote control AC memiliki fungsi utama untuk menghidupkan (menyalakan) atau mematikan (mematikan) unit AC. 

Ini adalah salah satu tombol paling dasar dan penting yang ditemukan pada hampir semua remote control AC.

2. Mode

Memungkinkan Kamu memilih mode operasi yang sesuai, seperti Dingin (Cool), Pemanasan (Heat), Pengeringan (Dry), Kipas (Fan), atau Otomatis (Auto).

Remote control AC biasanya memiliki beberapa mode operasi yang memungkinkan Kamu mengatur pengoperasian AC sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu.

Penting untuk memahami fungsi masing-masing mode agar Kamu dapat mengatur AC sesuai dengan kebutuhan Kamu dan merasa lebih nyaman di dalam ruangan. 

Mode-mode ini dapat bervariasi sedikit tergantung pada merek dan model AC Kamu, jadi selalu periksa panduan pengguna yang disertakan dengan AC Kamu untuk informasi lebih lanjut.

3. Suhu

Memungkinkan Kamu mengatur suhu ruangan yang diinginkan. Suhu bisa lebih dingin atau lebih hangat sesuai dengan preferensi Kamu.

...Jadi,

Pengaturan suhu pada remote control AC merupakan salah satu fitur kunci yang memungkinkan Kamu untuk mengendalikan sejauh mana AC akan mendinginkan atau memanaskan ruangan.

4. Kecepatan Kipas

Pengaturan kecepatan kipas mempengaruhi tingkat sirkulasi udara, kenyamanan, dan efisiensi energi AC. Pilihan kecepatan kipas dapat disesuaikan dengan preferensi individu dan situasi tertentu. 

...Sebagai contoh, 

Selama malam hari atau saat tidur, pengaturan kecepatan kipas rendah mungkin lebih nyaman, sedangkan dalam situasi panas atau saat Kamu ingin mendinginkan ruangan dengan cepat, kecepatan kipas tinggi mungkin lebih cocok.

5. Timer

Fitur ini memungkinkan Kamu untuk mengatur waktu operasi AC, baik untuk menyalakan atau mematikannya setelah jangka waktu tertentu.

6. Sleep Mode

Mode tidur biasanya mengatur suhu secara otomatis untuk membuat tidur lebih nyaman selama malam. Ini bisa meningkatkan efisiensi energi dengan mengurangi pemakaian listrik.

7. Swing atau Arah Udara

Kamu dapat mengatur arah aliran udara vertikal dan horizontal untuk mendistribusikan udara dengan lebih merata.

8. Mode Eco

Mode Eco pada remote control AC adalah fitur yang dirancang untuk mengoptimalkan efisiensi energi dan mengurangi konsumsi daya listrik selama operasi AC. 

Fungsi ini memungkinkan AC untuk bekerja dengan lebih hemat energi, yang dapat mengurangi biaya listrik Kamu dan membantu mengurangi dampak lingkungan.

Mode Eco adalah pilihan yang baik jika Kamu ingin mengurangi penggunaan energi saat masih menjaga kenyamanan di dalam ruangan. 

Namun, perlu diingat bahwa AC mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan dalam Mode Eco, terutama jika suhu di luar sangat ekstrem. 

Kamu juga dapat mematikan Mode Eco jika Kamu ingin pendinginan atau pemanasan yang lebih cepat.

9. Mode Turbo

Mode Turbo pada remote control AC adalah salah satu fitur tambahan yang biasanya ditemukan pada banyak unit AC. 

Fungsi Mode Turbo pada umumnya dirancang untuk memberikan pendinginan atau pemanasan yang lebih cepat dalam waktu singkat.

10. Filter

Beberapa remote control memiliki tombol untuk membersihkan atau mengganti filter AC.

11. Mode Fan Only

Mode "Fan Only" pada remote control AC memungkinkan Kamu mengoperasikan unit AC Kamu hanya sebagai kipas udara tanpa mengaktifkan pendinginan atau pemanasan.

Jadi, ketika kamu menggunakan Mode "Fan Only" maka akan membantu mengalirkan udara di dalam ruangan tanpa mengubah suhu. Ini berguna saat Kamu hanya ingin sirkulasi udara segar, tetapi tidak perlu menyesuaikan suhu ruangan

Mode ini mengonsumsi lebih sedikit energi daripada mode pendingin atau pemanasan, sehingga Kamu dapat menghemat energi listrik saat Kamu hanya memerlukan sirkulasi udara.

Selain itu, menggunakan Mode ini juga bisa digunakan untuk membantu mengeringkan ruangan jika ada kelembaban tinggi. Meskipun tidak seefektif mode pengeringan (Dry), ini dapat membantu mengurangi kelembaban di udara.

12. Lock (Kunci)

Fungsi kunci pada remote control dapat mengunci pengaturan agar tidak bisa diubah oleh anak-anak atau orang lain yang tidak berwenang.

13. Light (Lampu)

Tombol ini dapat menghidupkan atau mematikan lampu indikator pada remote control.

14. Restart Otomatis

Jika listrik tiba-tiba padam, beberapa AC memiliki fitur restart otomatis yang akan menghidupkan AC kembali dengan pengaturan sebelumnya saat listrik kembali.

15. Display

Menampilkan informasi tentang suhu, mode, kecepatan kipas, dan fungsi lainnya.

Penting untuk selalu merujuk pada panduan pengguna yang disertakan dengan remote control AC Kamu untuk memahami fungsi dan penggunaannya dengan baik, karena setiap merek dan model mungkin memiliki fitur yang berbeda.

Cara Mengatasi AC Panasonic Yang Kurang Dingin

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasi AC Panasonic yang kurang dingin. 

Salah satunya dengan melakukan beberapa perubahan pada settingan pada AC.

Untuk melakukan cara setting AC Panasonic biar dingin, bisa dilakukan dengan cara terlebih dahulu merubah beberapa setelan pada fitur yang terdapat pada remote AC.

1. Menyalakan AC Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan setting AC hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara menyalakan AC Panasonic. 

Kemudian barulah melakukan setting perubahan pada beberapa fitur yang terdapat pada remot agar udara menjadi lebih dingin.

2. Mengaktifkan Mode Dingin Atau Cool Pada Remote AC

Setelah AC nyala kemudian bisa langsung merubah fitur mode pada remote dengan cara merubah setelan modenya. 

Caranya dengan menekan tombol mode beberapa kali sampai keluar mode cool dengan lambang seperti bintang .

Pilih mode "Cool" atau "Dingin" pada remote control. Ini akan mengaktifkan mode pendingin.

3. Merubah Fitur Setelan Remote Menjadi Powerfull

Atur sesuai dengan Suhu yang kamu inginkan, cobalah dengan menggunakan tombol pengatur suhu pada remote control. Suhu yang umumnya nyaman adalah sekitar 22-24°C, tetapi Kamu dapat mengatur sesuai preferensi kamu.

Bila setelan fitur made cool masih terasa kurang dingin, mulailah untuk mengaktifkan fitur powerfull untuk mempercepat proses pendinginan suhu ruangan. 

Dengan setelan powerfull ini maka AC akan bekerja lebih optimal untuk menginkan ruangan.

4. Melakukan Pengaturan Fitur Fun Speed

Pengaturan fitur lain yang sebaiknya harus diperhatikan adalah fitur fun speed.  

Caranya bisa langsung menekan tombol swing yang mengatur arah hembusan angin yang terdapat dalam AC agar proses pendinginan ruangan lebih cepat.

Beberapa AC Panasonic dilengkapi dengan mode kipas otomatis yang akan mengatur kecepatan kipas secara otomatis berdasarkan suhu ruangan. 

Kamu dapat mengaktifkan mode ini jika tersedia!

5. Melakukan Penurunan Ukuran Suhu Pada Remot Secara Perlahan

Settingan fitur remot selanjutnya adalah dengan cara melakukan penurunan ukuran suhu secara perlahan dan bertahap. 

Hal ini untuk menghindari kerusakan yang bisa saja terjadi pada mesin AC.

6. Menyesuaikan Ukuran Suhu Dengan Ruangan

Setting fitur remote lainnya adalah dengan cara menyesuaikan ukuran suhu dengan keinginan. 

Selain itu sebaiknya juga memeriksa suhu di luar ruangan, apakah masih terasa panas atau sudah dingin. Bila masih panas turunkan lagi secara perlahan.

Selain melakukan setting pada remot AC sebaiknya juga perlu melakukan beberapa perawatan agar suhu udara yang dihasilkan dinginnya lebih maksimal. 

Perawatan AC ini bisa dilakukan sendiri dengan cara membersihkan filter penyaringan.

Kesimpulan

Demikian cara setting AC Panasonic biar dingin, bila ternyata setelah di setting suhunya masih tetap panas sebaiknya segera memanggil ahlinya.

Namun,

Selagi kamu bisa melakukan beberapa pengaturan maka nggak perlu harus membawa tukang service AC. Kecuali ada beberapa part yang harus di ganti atau dibersihkan.

Kamu bisa coba dulu beberapa setelan yang sudah admin jelaskan diatas.

Baca juga informasi lainnya:

Selamat Mencoba ya!